sinopsis novel JALAN TAK ADA UJUNG

Posted: 21 Maret 2010 in sastra

NOVEL “JALAN TAK ADA UJUNG”
– Pengarang : Mochtar Lubis
– Penerbit : Yayasan Obor Indonesia
– Tebal buku : vi + 167 hlm.
– Kelebihan buku : ceritanya seperti benar-benar realis, penggambaran tokoh tidak secara langsung tapi sangat jelas perbedaan antara tokoh satu dengan tokoh lain. Settingnya dibuat sedetil mungkin.
– Kekurangan buku : pemilihan bahasanya sederhana.
– Keterangan : Cetakan pertama Balai Pustaka, 1952
Cetakan ke-1 Yayasan Obor Indonesia, April 1992
Cetakan ke-4 Yayasan Obor Indonesia, Januari 2001

Kutipan Buku:
Hujan gerimis menambah senja lekas menggelap. Guntur menghempas-hempas di ujung langit, dan cahaya kilat memancar-mancar. Terang yang ditimbulknnya amat cepatdiganti oleh gelap yang lebih pekat. Jalan-jalan kosong dan sepi. Beberapa orang bergegas lari dari hujan. Dan lari dari ancaman yang telah lama memeluk seluruh kota.
Sebuah truk penuh berisi serdadu-serdadu bermuka keras menderu di atas jalan-jalan yang kosong. Patrol yang membelok ke kanan, terus, ke kiri, ke kanan, terus, dan terus, terus di jalan-jalan yang sunyi, kosong dan sepi. Jalan dalam malam hujan gerimis gelap, jalan berliku tidak habis-habisnya. Jalan tak ada ujung.
Ringkasan Cerita:
Novel tersebut menceritkan tentang kisah seorang guru, Isa namanya, yang ketakutan ketika masa-masa revolusi. Karena Isa adalah seorang guru, oleh karenanya ia sangat dihormati oleh tetangga-tetangganya. Akan tetapi, statusnya seperti tidak memihak kepadanya, keadaan ekonomi keluarganya sangat kekurangan. Istrinya–Fatimah, harus kesana kemari meminjam uang hanya untuk kebutuhan makan. Selain itu, ia pun harus menerima ketika ia tidak bisa memberikan kepuasan secara batin kepada istrinya untuk selamanya. Sehingga keharmonisan keluarganya semakin lama semakin berkurang.
Kehidupannya selalu dilanda ketakutan. Setiap hari, setiap malam, dan setiap saat ia merasa was-was ketika mendengar serdadu-serdadu Inggris menyerbu. Ketakutannya berawal ketika guru Isa sedang berjalan kaki menuju sekolahnya yang ada di Tanah Abang, ia mendengar tembakan untuk pertama kalinya di gang Jaksa yang memecahkan kesunyian kala itu.
Guru Isa kemudia bergabung dengan sebuah organisasi pemberontakan. Ia diajak oleh saah satu temannya–Hazil, yang sangt pintar bermain biola. Dengan sangat terpaksa ia menuruti apa kata temannya itu. Mereka kemudian bertugas untuk mengambil senjata dan bom tangan yang disimpan di daerah Asam Reges, setelah itu disimpan di Manggarai, kemudian di selundupkan ke Kerawang. Penyelundupan itu berjalan dengan mulus, meskipun menyisakan ketakutan pada guru Isa.
Karena merasa tidak bisa dipuaskan secara batin oleh guru Isa, istrinya kemudian berselingkuh dengan teman guru Isa sendiri, Hazil. Guru Isa tahu akan hal itu, tetapi ia lebih memilih untuk diam.
Serdadu Inggris kemudian meninggalkan Indonesia setelah adanya perjanjian Linggar Jati. Akan tetapi, kondisi tersebut bukanlah sesuatu yang mengenakan. Beberapa saat setelah kepergian serdadu Inggris, serdadu Belanda kemudian datang kembali ke Indonesia.
Puncak pemberontakan mereka terjadi ketika guru Isa, Hazil, dan Rakhmat, temannya, merencanakan untuk menyerang serdadu Belanda disebuah bioskop, bioskop Rex namanya. Mereka melemparkan bom tanggan di depan pintu masuk bioskop tersebut. Beberapa serdadu Belanda terluka akibat ledakan bom tersebut. Setelah itu mereka bertiga pulang ke tempat masing-masing dan tidak saling member kabar untuk selang waktu yang lama.
Hazil kemudian dapat ditangkap oleh polisi militer, ia mengakui apa yang telah ia perbuat dan menyebutkan siapa saja yang terlibat dalam kasus itu. Tak lama kemudian guru Isa menyusul Hazil ditangkap polisi. Mereka berdua disiksa. Karena mereka tetap tidak mau mengaku di mana Rakhmat bersembunyi.

Komentar:
Setting pada novel tersebut sangat jelas menggambarkan bagaimana keadaan paska kemerdekaan. Setiap konflik digambarkan dengan tererinci mulai dari penyebab konflik, inti dari konflik hingga akibat dari konflik itu sendiri. Banyak pesan yang disampaikan melalui novel tersebut, salah satunya yaitu sebuah pesan tentang kesetiakawanan yang terjalin antara guru Isa dengan Hazil, mereka berjuang bersama untuk memberontak terhadap serdadu-serdadu bangsa lain. Juga terdapat pesan kesabaran guru Isa dalam menjalani kehidupan yang berat baginya. Bahasa yang digunakan sederhana sehingga mudah dicerna oleh pembaca. Bagian yang paling menarik menurut saya adalah keterikatan antara konflik yang satu dengan yang lainnya. Banyak terdapat konflik-konflik kecil akan tetapi semua konflik itu tetap merujuk pada tema novel tersebut, sehingga tidak membuat cerita itu kabur.

Komentar
  1. ervinekiddies mengatakan:

    nice artikel…

    • yohanna mengatakan:

      wawww,,, ceritanya ngegugah hti bgt yy,,,
      n nyadarin rang yang mw nyadar ajj,,
      kak,, law q add fb na tlong konfirm y,,
      q mw tw lbh bnyk ttg novel nii,,
      hi” coz da tgas dri gru

      thank’s y,, comment na dah d.bca

      • yudie mengatakan:

        ANA WE YUDI emb we leh mta tlonk ga,krimin jwaban tugas lo si ya,,,yg tentang novel nie okeh.
        ne numz hp ue 08982269435

  2. m.irsyad mengatakan:

    thanks atas bantuannya. jd gue gak usah capek mkirin resensi lg. wkwkwk

  3. imam mengatakan:

    sinopsi’a dikit bgt ,jadi gga bsa bwat tugas bhasa indnoesia dagh ,,, huft :(

  4. FINA mengatakan:

    TOLONG UNSUR INTRINSIK NYA DONG. SAMA BUKTI KUTIPANNYA.

  5. [...] sinopsis novel JALAN TAK ADA UJUNG March 20105 comments 3 [...]

  6. alia taiank mengatakan:

    sippp dachhh novel a …..

  7. maimunah mengatakan:

    keren abis….

  8. farid mengatakan:

    bagus bagus sinopsisnya
    jdiak bisa buat pr
    hahahahaha………..

  9. ningsi ops mengatakan:

    novel itu bisa nggak disebut resensi? tolong dong alasannya dikemukakan..

    bagian-bagian mana aja yang menjelaskan unsur-unsur intrinsik dalam novel itu??

  10. suratmi mengatakan:

    Guru isa berkenalan dgn seorang pemuda pejuang yg gigih bernama Hazil. mereka lekas akrab krn sama2 menyenangi musik dan pandai main biola. Hazil sering dtng k rmh guru isa untuk main bersama-sama shingga Hazil tak asing lagi bagi guru isa dan fatimah, istrinya.
    Pada waktu guru isa mengajar, Hazil sring mnjumpai fatimah dgn alasan untuk brmain biola. Pernah bahkan Hazil mbantu fatimah di dapur. lama2 hubungan mreka makin jauh dan klewat jauh.

    Saya minta tolong, nilai yg dominan dlm pnggalan novel diatas apa y? trima kasih asbelumnya.

  11. atika putri mengatakan:

    kerennnnn cma mslhnya ga da unsur intrinsik nya

  12. Tiya Annisa mengatakan:

    good. thanks yaa. :)

  13. izal mengatakan:

    sangaat bermanfat gan….
    terimakasih ataasss informasinya…..
    dtunggu gan kunjungannya di Welcome To My Blog™ l IZAL-INK™

  14. sevty mengatakan:

    mz msh punya novelnya g? q cari kemana-mana g ad. lok masih ada tolong donk sampul bukunya juga di uplod, pliissss… lok g tolong kirim lewat emailq. thankz

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s