Pentingnya Komunikasi yang Jelas

Posted: 14 Januari 2011 in Cerita Lucu

Salah satu alat pemersatu bangsa adalah bahasa. Karena dengan bahasa kita bisa saling berkomunikasi antara satu dan yang lainnya. Oleh karena itu, beberapa tokoh menyebutkan bahwa salah satu fungsi bahasa adalah alat komunikasi. Dengan demikian, bahasa merupakan salah satu faktor terpenting dalam membangun sebuah komunikasi. Faktor lainnya adalah kejelasan maksud yang disampaikan.
Semisal ada seseorang berbicara: “Joko dibawa ke kantor polisi”. Kalimat tersebut tentu akan menimbulkan kebingungan bagi lawan bicara. Karena maksud kalimat tersebut belum jelas, Joko dibawa ke kantor polisi apakah sebagai tersangka atau sebagai saksi?
Ketidakjelasan dalam berkomunikasi atau menyampaikan informasi sangat fatal akibatnya. Sepertihalnya pada dua kutipan cerita dibawah ini:
Cerita pertama:
Pada pagi hari, Dimas diberikan sarapan sereal dan susu oleh ibunya. Kemudian Dimas ingin membagikan sereal itu kepada ikan-ikannya yang ada di dalam akuarium untuk dimakan. Tapi, beberapa saat sebelum ia memberikan sereal itu kepada ikan-ikannya, ibunya menegurnya.
“Dimas, jangan berikan sereal itu kepada ikan, nanti ikan-ikannya pada mati.”
Dimas sontak langsung kaget dan wajahnya berubah pucat. Kemudian ia bertanya kepada ibunya, “Lalu, kenapa ibu memberikan sereal itu kepadaku?”
“?@#??!&%?”

Cerita kedua:
Suatu hari Pemda kota Jogja melakukan operasi penertiban WTS. Tak lama kemudian, Petugas Pemda menemukan laki-laki hidung belang dan menciduknya.
Petugas Pemda: “Kamu akan saya bawa ke kantor. Ayo cepat!”
Laki-laki hidung belang: “Jangan, Pak. Saya disini Cuma mampir sebentar.”
Laki-laki itu tetap dipaksa dibawa ke kantor. Beberapa saat kemudian Petugas Pemda menemukan seorang WTS sedang duduk santai.
Petugas Pemda: “Kamu akan saya bawa ke kantor,” sambil menunjuk ke arah WTS tersebut.
WTS: “Hmm… Kalau saya sih, mau dibawa kemana saja oke, asalkan tarifnya cocok saja.”
“?@#??!&%?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s