PAHALA MEMBAWA PETAKA

Posted: 27 Juni 2015 in Sentil
Tag:, , ,

Memasuki bulan Ramadhan, siapapun dari kita tentu sedikit tergerak meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah kita. Bulan Ramadhan menjadi ladang bagi kaum muslimin karena konon pahala dari setiap amal ibadah akan dikalikan jauh lebih banyak dari bulan-bulan lainnya. Saya juga pernah dengar pernyataan “Shalat di bulan Ramadhan pahalanya seribu kali lebih besar dari shalat pada bulan biasanya.”

Promo pahala menggiurkan di bulan Ramadhan membuat kita semakin bersemangat beribadah. Perbanyak tadarus Al-qur’an, tarawih, shalat sunnah, dzikir, dan sebagainya. Tapi, sadarkah kita bahwa kita justru termakan oleh nafsu untuk mendapatkan beribu kemuliaan tersebut. Artinya, ketika kita beribadah, kita sudah tidak lagi menunjukkan bahwa “saya beribadah lillahi ta’ala”, melainkan karena ingin mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya. Lalu, seberapa rendah letak keikhlasan kita? Kita justru menjadi semakin pamrih kepada tuhan kita sendiri. Urusan pahala biar menjadi urusan tuhan semata.

Satu hal lain yang membuat kita semakin gila pahala di bulan Ramadhan adalah tentang malam Lailatul Qadar. Saya sering mendengar perkataan “Ayo semua sering-sering tadarus dan dzikir biar dapat Lailatul Qadar.” Dari kalimat tersebut saja kita bisa langsung menyimpulkan kegilaan kita akan pahala di bulan Ramadhan. Perihal malam Lailatul Qadar, saya mengasumsikan bahwa orang yang sedikit ibadah tapi ikhlas dan tulus lebih besar kemungkinan mendapatkan malam tersebut, dari pada orang yang sangat keras dan kuat kemauan beribadahnya tapi demi mendapatkan pahala. Tentunya semua itu kembali kepada diri kita sendiri. Karena keikhlasan hanya kita dan tuhan yang tahu.

Beribadah adalah cara terbaik kita untuk mengakui kalau kita manusia. Tapi waspadalah, karena kesombongan yang paling dekat dengan kita adalah saat kita beribadah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s